Minggu, 28 April 2013

[2ndQOD] Resident Evil dari masa ke masa, dibenci namun tetap dinanti (final part)

Back with me, #MrTrevor kembali mengulas Resident Evil dari masa ke masa, sudah siap semua? Kencangkan kondom ikat pinggang lo semua, mari kita mulai perjalanan kita.

Oke kita masuk ke seri modern, dimana hampir semua gameplay sudah total berubah, termasuk penambahan partner, yang justru menghilangkan kadar ke-horror-annya. Banyak fans angkatan lama (baca: tua) menyayangkan atas keputusan Capcom atas perubahan game yang semakin menonjolkan sisi aksi, terlebih banyak kegiatan aksi yang kurang masuk akal.. wait ini game sih ya ga perlu juga musingin sama hal yang ngga masuk akal, tapi kembali lagi siapalah saya ini hhe karakter Resident Evil itu awalnya didesain supaya tidak terlihat terlalu "dewa" (contoh: Leon yang hanya sekedar rookie police) jadi kalo mereka terlalu jauh perubahannya akan terlihat tidak masuk akal.

Sementara itu di lain sisi banyak gamer baru yang menyenangi sistem Resident Evil baru, dan belum pernah menjajal game sistem lama.Sebenernya sih sah-sah aja buat jadi fans atas RE generasi baru, cuma ada beberapa diantara mereka cenderung menjelekkan sistem lama.. dan itu nyebelin.

***

Masuk ke Resident Evil 5, disini kita menggunakan Chris, ditemani Sheva demi membasmi Majini (semacam Ganados tapi negro). RE5 ini cukup banyak yang mengecam karena hilangnya unsur horror, terlalu mengedepankan aksi. Bahkan banyak gamer yang menyalahkan Capcom atas peluncuran RE 5 yang masih membawa embel-embel genre Survival Horror, sementara gamenya sendiri lebih cenderung membutuhkan kesabaran atas kebolotan Sheva dan sisi horrornya cuma perasaan terasing karena kita dikelilingi Negro-mabuk-bersenjata.

Tapi RE5 nggak buruk-buruk amat lah, gue suka ngeliat Wesker dan Excella disini, mereka itu ibarat dynamic duo sebagai villain, terlebih Excella yang cukup banyak memberi fans kesempatan untuk berimajinasi mesum.

Excella + Wesker = Afrika Siap Digoyaaaang?


Selebihnya? RE 5 game yang mudah ditamatin ketika lo udah bisa membaca pergerakan arah cerita, dan jumlah ammo disini banjir banget, ngga pernah gue ngeluh kesusahan atas jumlah peluru.

***

Dan masuklah kita ke seri ter anyar dari RE, yaitu RE 6. Gue inget banget pertama kali ngeliat trailernya.. asu tenan-epic bangsat! Disitu dibikin kalo di dunia ini ga ada harapan lagi, semuanya menjadi suram se suram orang yang baca blog ini.. AMPUN GUYS AMPUN I CAN EXPLAIN!!

Oke di RE 6 ini ada tiga campaign, ada Leon yang masih saja belah tengah meski lebih kasar rambutnya ditemani oleh Helena Harper, cewek cakep dengan ukuran dada yang cakep pula, lalu ada skenario Jake, anak dari Wesker lari-larian dikejar angkot Ustanak bersama dengan Sherry Birkin.. si anak kecil nyusahin dari RE 2 eh tapi Sherry disini cakep bungats broh!! Selanjutnya ada Chris dan homoannya partnernya yang setia bernama Piers Nievans. Sudahkah cukup dengan tiga campaign? MASIH ADA BROH!! Masih ada si cantik Ada Wong, campaign doi dibikin buat melengkapi cerita dari berbagai perspektif.

Dari potongan diatas kalian bakal mikir, "anjing epic banget ini hampir semua karakter ngumpul kek anak alay dahsyat!" tapi kalian salah.. Terlalu banyak karakter dan cerita membuat game ini terasa menumpuk-numpuk dan terkesan antiklimaks di beberapa campaign. Belum lagi saking banyaknya campaign, kalian bisa menemukan bug-bug yang cukup mengganggu, mulai dari J'avo nyangkut sampe karakter kalian sendiri yang nyelip-nyelip kayak lagi di metro mini.

Visi dari RE 6 ini nampaknya ingin menjaring fans dari dua sisi, dari kaum pecinta RE modern hingga para veteran RE jadul, apakah sukses? Nggak terlalu sukses juga sih, masih banyak yang mengeluh karena unsur horror yang biasa aja ditambah control action pada Campaign Chris njelimet banget! Gue sendiri mengalami kesulitan tinggal murtad menyembah berhala patung pancoran akibat sulitnya Campaign Chris.

Lalu poin positifnya apa? Banyak kok! RE6 sendiri masih cukup fun untuk dimainin, kehadiran villain bernama Carla Radames juga membuat kita sedikit berdesir, pasalnya Carla Radames ini merupakan copy cat dari Ada Wong.. Dan bahkan dirinya sendiri menganggap bahwa dia Ada Wong yang asli. Surem...

Yang cukup terkenang dari RE 6 adalah covernya yang unik, menggambarkan seorang jerapah yang sedang meng-oral jerapah. Bahkan covernya sukses menjadi meme-meme para gamer. Memang kalo diliat sekilas logo RE 6 itu agak mesum keliatannya tapi tenang aja isinya bukan XNXX(dot)COM kok!

Hmm.. Segitu dulu kali ya bahas RE dari masa ke masa... Apakah gue kecewa sama RE Modern? Cukup kecewa dibeberapa aspek, tapi sebagai fans gue tetep menanti kehadiran RE-RE selanjutnya kok, ya sambil berharap Capcom ngga kebanyakan mabok pas develop RE terbaru nanti.. Anyway karena post ini gue post pagi-pagi, enaknya sambil ngopi-ngopi bacanya... Tuh ada yang nemenin ngopi!

Raisa eh Ada.. Ngopi yuk!

Nah kelar juga deh.. Thanks buat yang udah baca-baca post gue dan Admin lain, you're rock guys!! KALIAN BATU TEMAN-TEMAN HEHEHE...

Hmm.. eniwei karena gue baik hati dan tidak sombong serta ganteng dari lahir jadi gue bakal kasih #QOD alias Qontol Orang Disunat eh Question of the day maksute.. yuk di cek sampe mata cocot melocot!

oke pertanyaannya gampang sekali segampang ngupil di pagi hari:
 Apakah itu Ustanak? dan kenapa dia ngejar-ngejar Jake Muller?


Silahkan mention ke @ResidentEvil_ID formatnya #QOD[spasi]jawaban kalian.
contoh: #QOD Ustanak itu pak ustad di pengajian darussalam! dia ngejar-ngejar Jake gara-gara Jake batal puasa!
 
dua jawaban tercepat bakal di post di blog inih dan mulai #QOD hari ini, pemenang bakal ngumpulin point setiap dia sukses nyolong rambutan menjawab pertanyaan kita paling banyak.. 
 
HADIAHNYA APA?
Resident Evil: Marhawa Desire #1, jadi buat kalian kaum duafa yang sering ngeluh kesusahan dapetin itu komik, kita siapin dua komik buat pemenang pengumpul point #QOD
terbanyak...
 
Terus kapan diumuminnya? Suka-suka kita lah... makanya rajin-rajin mampir ke blog kita, ikut #QOD sambil komen-komen juga! Udah ah segitu aja, gue #MrTrevor cabut dulu.. Sampai jumpa di post gue yang lainnya...

IKUT DONG #QOD NYAAAAHHHH...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar