Rabu, 24 April 2013

Menilai Resident Evil 6

Hmm hmm oke jadi awalnya sih gini... Inget gak lu sama kasus Resident Evil 6 yg bocor di Polandia? Org2 Polandia kontan langsung mainin gamenya dan diunggah ke YT. Kesan?

Orang2 yg udh nunggu RE6 dari lama dan kebetulan bkn org Polandia (kek kita) akhirnya sebel krn itu spoiler berat (anehnya udh tahu jelas2 itu spoiler malah ditontonin sampe akhir lalu dibahas...) dan bisa kita tebak, kesan pesan pertama segera 'menggambarkan' RE6 kyk apa. Bahasa gaulnya sih Review.

Oke, maksudnya apa sih? Seperti kita ketahui, setelah kejadian itu, first impression segera terbentuk baik dari kalangan pemerhati game, gamer, dan juga reviewer macam IGN, Machinima dll. Jelas ini memengaruhi perkembangan pengamatan para gamer RE6 di kemudian hari.

Karena hal ini akhirnya banyak yg bilang, "RE6 jelek! Kurang horor!" lantas banyak yg blg demikian sedangkan di sisi lain, "Emang gk horor sih... Tapi elemen karakterisasi menyenangkan." Mungkin ini mmg hanya sekedar hal kecil, tapi justru di sanalah kita kayak kebawa arus, "Kata si A kurang horor... Ah yaudah gue bilang demikian juga deh." padahal siapa tahu belum tentu. :-)

Yang kedua, banyak gamer yang kemakan review dari IGN dll. Kalo kata IGN jelek lantas menurut kamu pasti jelek. Eits, gak juga, lho. Pandangan IGN dan pandangan kamu pastinya beda. Bkn berarti IGN kasih nilai 5/10 utk RE6 lantas kamu juga kasih nilai segitu (apa malah ada yg ksh nilai lbh rendah?). Faktor penilaian mereka lbh mengarah ke gameplay dan unsur yg gak jauh dari itu. Padahal banyak faktor lain yg juga bisa memberi nilai lebih (sedikit) pada RE6. Misalnya dari segi musik, animasi, pengerjaan, dana, staff Capcom yg terlibat, dan lain sebagainya.

Toh kalau kamu mmg keburu gk niat utk beli gamenya, bisa dicoba dulu di rumah temen (jgn males, sana silaturahmi ke rumahnya. Lumayan kan kalo temen lu dermawan trs dikasih makan-minum...) atau lihat gameplaynya dulu. Jgn ikut2 situs2 yg suka kasih review krn tentunya IGN gkbisa membentuk pendapat kamu atas sebuah game. RE6 bukan game gagal, namun game yang berusaha memikat semua elemen penggemarnya ; penyuka Survival-Horror pada campaign Leon dan Action pada Chris, campuran keduanya pada Jake dan bagi yg suka nontonin cewek seduktif lawan jombie pake rantai gantung di celana, ada Ada. (bingung gak bacanya?)

Yah, akhir kata sih, saran gue, jgn menilai sebelum mencoba dan jangan menilai ikut2 IGN. Toh gk ada salahnya juga mengeksplorasi hal baru. :p

Kalo penasaran, dulu saya sih pernah bahas RE6 habis2an plus kasih verdictnya. Gue kasih 7/10 utk RE6. (kali ada yg penasaran...)

Nah, Survivors, siap utk menilai RE6? ;-) share juga aspek2 apa yg membuat lu memberi nilai tertentu pada RE6 lewat komen. Silakeun...

Happy hunting.

#AgentRedfield

1 komentar:

  1. Malah udah lama bikin post soal review RE6, boleh di check :)
    http://rendrabagas.blogspot.com/2013/02/kembali-lagi.html?m=1

    BalasHapus